8 Tanda Bahaya Smartphone Android Terkena Virus!

Smartphone Android Terkena Virus – Siapa bilang hp smartphone Kamu tidak bisa terkena serangan virus? Sama seperti laptop atau komputer, Hp Kamu bisa terkena virus dan tentunya membahayakan data-data yang ada di dalamnya.

Banyak hal penting yang bisa dilakukan melalui smartphone, mulai dari menyimpan serta mengakses data-data, melakukan transaksi perbankan, maupun aktivitas lainnya yang berkaitan dengan internet.

Inilah yang bisa menyebabkan mengapa smartphone android Kamu bisa terkena virus. Dan berita buruknya adalah, sekitar 55% penjahat cyber sering menargetkan pengguna android.

Tentu saja ini menjadi salah satu ancaman yang buruk, apalagi jika Kamu sering menggunakan Hp untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Sedikit lengah saja, maka segala aktivitas serta kegiatan yang berkaitan dengan internet bisa mudah diawasi para hacker. Bahkan keamanan data-data pentingnya bisa terancam tercuri.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari saat smartphone android terkena virus. Sebelum terlambat, kenali tanda – tanda smartphone terkena virus dan bagaimana cara mengatasinya.

Smartphone Android Terkena Virus

Muncul Iklan Pop Up

Smartphone Android Terkena Virus
Muncul Iklan Pop – Up Secara Tiba – Tiba

Tanda – tanda yang seirng muncul saat smartphone android terkena virus adalah ketika muncul banyak iklan dimanapun. Apalagi jika ada pesan atau iklan yang muncul secara pop-up.

Jika Kamu menemukan ini saat sedang membuka aplikasi ataupun saat mencoba game gratis, maka ini sangat wajar. Namun yang menjadi permasalahan adalah saat Kamu mendapati iklan pop-up ketika tidak melakukan apa-apa.

Iklan pop-up ini akan muncul bahkan ketika Kamu sedang tidak mengakses internet. Misalnya saja di lockscreen, homescreen, ataupun keitka membuka aplikasi yang biasanya tidak terdapat iklan.

Alangkah baiknya jika Kamu tidak mengklik iklan tersebut. Karena ini bisa menjadi jalan bagi para hacker yang ingin mengambil data-data penting yang ada di dalam smartphone Kamu.

Smartphone Android Terkena Virus – Baterai HP Jadi Sangat Boros

Smartphone Android Terkena Virus
Baterai Langsung Habis

Tanda – tanda lainnya yang bisa terlihat saat smartphone android terkena virus adalah ketika baterai smartphone menjadi lebih cepat boros dibandingkan biasnaya.

Padahal Kamu sedang menggunakan HP secara wajar dan tidak menginstall aplikasi yang berat.

Jika seperti ini maka ada program lainnya yang berjalan di belakang layar, dan itulah adalah virus. Untuk mengeceknya, Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu settings atau pengaturan
  • Klik aplikasi

Cobalah mengecek dari daftar aplikasi-aplikasi yang ada di dalam smartphone. Apakah ada aplikasi yang terlihat mencurigakan dan terinstall di HP Kamu.

Jika Kamu mengeceknya satu persatu, maka Kamu bisa menemukan aplikasi asing yang tidak sengaja masuk di smartphone Kamu.

Kuota Internet Cepat Habis

Smartphone Android Terkena Virus
Kuota Internet Mendadak Habis

Selain daya baterai, kuota internet juga menjadi cepat habis saat terkena virus. Untuk mengecek aplikasi mana sajakah yang menghabiskan kuota internet Kamu, maka Kamu bisa mencoba dengan membuka menu settings atau pengaturan.

Dan kemudian klik penggunaan data atau data usage. Dari sana Kamu bisa melihat berbagai aplikasi yang banyak menghabiskan kuota yang Kamu miliki.

Jika memang aplikasi itu sering Kamu gunakan, maka hal ini wajar dan tak perlu dipermasalahkan.

Yang menjadi tidak wajar adalah ketika ada aplikasi yang jarang digunakan, bahkan hanya sesekali saja menjadi daftar teratas aplikasi yang menghabiskan kuota internet.

Jika Kamu menemukan hal seperti ini, akan lebih baik untuk cepat-cepat menghapus aplikasi tersebut.

Smartphone Android Terkena Virus – Smartphone Jadi Lemot

Penyebab Smartphone Android Lemot
Smartphone Menjadi Sangat Lemot

Saat smartphone android terkena virus, maka akan terasa jika smartphone jauh lebih menurun peformanya. Pada saat membuka aplikasi saja, Hp menjadi lemot dan sering hang.

Jika ini terjadi pada smartphone Kamu, maka mungkin saja Kamu mengunduh cache yang berisikan malware yang berbahaya. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan “Clear Cache”.

Cache merupakan beberapa file aplikasi serta situs website yang tersimpan dalam ponsel sehingga nantinya akan lebih cepat diakses saat Kamu ingin membuka aplikasi tersebut lagi.

Dan karena itulah rutin untuk menghapus cache yang ada di dalam smartphone Kamu sehingga kinerja nya tetap baik dan tidak lemot.

Waktu Booting yang Lama

Cara Atasi Smartphone Dengan Booting Yang Lama
Booting Yang Lama Ketika Dinyalakan

Ciri-ciri lainnya yang juga mudah tampak saat smartphone android terkena virus adalah ketika waktu booting lama saat Kamu sedang menyalakan HP ataupun ketika melakukan restart.

Ada 2 kemungkinan mengapa kondisi ini terjadi, yang pertama bisa disebabkan karena kapasitas RAM dan memori internal HP rendah.

Dan yang kedua bisa disebabkan karena malware yang terlalu banyak mengkonsumsi waktu booting. Jika kondisinya memang cukup parah dan terlalu lama maka solusinya adalah dengan melakukan factory reset.

Redirect Malware

Cara Menghilangkan Redirect Malware
Halaman Dialihkan Ke Situs Lain

Jika Kamu sedang mengakses website ataupun membuka aplikasi tertentu, dan kemudian muncul redirect ke sebuah situs yang mencurigakan. Maka Kamu perlu mewaspadai hal ini.

Bisa saja itu adalah malware yang bisa membahayakan smartphone Kamu. solusinya adalah kembali lagi memeriksa semua daftar aplikasi yang ada di dalam smartphone Kamu dan memastikan jika tidak ada aplikasi yang mencurigakan.

Sering Restart Sendiri

Cara Atasi Smartphone Sering Restart
Smartphone Sering Restart Sendiri

Ini adalah tanda – tanda yang menjengkelkan dan harus segera diwaspadai, karena dapat menggangu aktifitas anda apalagi jika ada hal yang penting.

Jika HP kamu sering melakukan restart sendiri atau bahkan mati total maka bisa dibilang smartphone Android kamu terkena virus karena telah menyerang sistem paling penting di Android.

Solusi paling sederhana adalah kamu perlu melakukan scanning menyeluruh pada smartphone kamu, kamu bisa melakukan scanning dengan download aplikasi antivirus di Google Play Store.

Smartphone Mati Mendadak Ketika Angkat Telepon

Cara Atasi Smartphone Mati Mendadak
Smartphone Sering Mati Mendadak

Salah satu tanda paling jelas adalah smartphone kamu mati mendadak ketika menerima telepon yang masuk, karena jelas virus atau malware telah masuk dan memblokir semua telepon.

Dan satu hal yang lagi harus diperhatikan adalah pulsa kamu, karena biasannya setelah ini pulsa kamu akan terpotong secara banyak atau bahkan langsung habis tanpa sisa.

Baca Juga:

Itulah 8 tanda jika Smartphone Android Terkena Virus, jika kamu mengalami semua tanda – tanda diatas sebaiknya kamu segera download aplikasi antivirus dan lakukan perbaikan sebelum terlambat!